Anjuran Masakan Oleh-oleh Khas Sidoarjo

Oleh-oleh Khas Sidoarjo

Anjuran Masakan Oleh-oleh Khas Sidoarjo – Kota Sidoarjo berbatasan dengan slot bet 100 kota Surabaya dan Kabupaten Gresik. Sidoharjo dekat dengan selat Madura komponen timur. Jarak Tempuh antara Sidoarjo dan Surabaya sekitar 1 jam perjalanan. Kebanyakan masakan khas Sidoharjo ialah olahan laut yanh dikemas menjadi makanan pedas dan gurih.

Oleh-oleh Khas Sidoarjo

1. Terasi Sidoarjo

Oleh oleh khas Sidoarjo ialah terasi untuk bumbu masak. Terasi Sidoharjo ini menerapkan fermentasi udang rebon dan ikan. Terasi ini pantas untuk membikin sambel, tumis, dan olahan makanan lain.

2. Wader Crispy

Ikan wader ialah ikan kecil yang hidup di sungai dan air tawar. Mengutip dari indonesia.go.id, panjang ikan menempuh 10 cm dan beratnya 10 gram. Ikan wader tersebar di pulau Jawa dan Bali. Ikan ini hidup dalam air bening mengalir, sawah, danau, dan sungai kecil. Kota Sidoharjo mengolah ikan ini menjadi makanan gurih dan renyah.

3. Kue Lumpur Bakar

Oleh oleh khas Sidoarjo ialah kue manis lumpur. Kue ini mempunyai tekstur lembut dan kenyal seperti puding. Bahan membikin kue manis lumpur ini dari telor ayam kampung, terigu, santan, gula, dan bumbu lain. Bahan hal yang demikian dicampur menjadi adonan kemudian dimasak diatas arang.

4. Bandeng Asap

Ikan bandeng termasuk ikan hasil budidaya yang hidup di air payau. Kecuali olahan laut, kota Sidoharjo mengolah ikan bandeng dengan teknik pengasapan. Teknik pengasapan ini membikin ikan lebih bendung lama untuk oleh-oleh.

Baca Juga : Anjuran Makanan Khas Sidoarjo Yang Mesti Anda Cobai

5. Otak-otak Bandeng

Otak-otak bandeng jadi anjuran oleh oleh khas Sukoharjo. Sistem membikin otak-otak bandeng merupakan mengeluarkan isi perut tanpa merusak daging. Walaupun komponen daging bandeng ditambahkan bumbu rempah-rempah untuk penyedap rasa. Otak-otak bandeng ini kemudian dibungkus menerapkan daun pisang dan dikukus hingga matang. Duri ikan bandeng ini telah dihilangkan dan teksturnya lembut.

6. Krupuk Udang

Oleh oleh hasil olahan laut di Sidoharjo ialah kripik udang. Bahan utama kripik ini menerapkan udang rebon,bawang putih, dan tepung. Adonan ini kemudian dicampur hingga menyusun kripik.

7. Ote-Ote Porong

Di Sidoharjo bakwan disebut ote-ote. Makanan ringan yang digoreng ini menerapkan campuran tepung, air garam, dan bumbu penyedap. Walaupun isian ote-ote menerapkan sayur, potongan daging, dan jamur tiram. Ada juga ote-ote yang dicampur potongan rumput laut.

8. Petis Udang

Bau petis udang tak sekuat terasi sehingga aman dibeli untuk perjalanan jauh. Mengutip dari kulinerkota.com, petis ini teksturnya kenyal, warna pekat gelap, dan seperti saus. Di kota Sidoharjo petis udang diterapkan untuk bumbu kupang lontong, tahu campur, dan rujak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>